• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : pasca@iainmadura.ac.id

Orientasi Studi Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Madura: Ekonomi Syariah Perdana







Dalam rangka silaturrahim dan pengenalan terhadap sistem perkuliahan, Pascasarjana IAIN Madura menggelar Orientasi Studi bagi mahasiswa baru pada Kamis, 13 Februari 2020 kemarin. Nyaris sama dengan orientasi pada semester sebelum-sebelumnya, akan tetapi pada semester ini Pascasarjana IAIN Madura turut berbahagia telah dibukanya Program Magister Ekonomi Syariah dengan jumlah peminat yang melebihi dua prodi sebelumnya.


Orientasi studi ini dipandu oleh Kutsiyyah, M.Pd.I. sebagai pembawa acara, dengan dihadiri Direktur Pascasarjana IAIN Madura, Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag., beserta masing-masing Ketua Prodi dari PAI (Dr. Siswanto, M.Pd.I), HKI (Dr. Abd. Mukti Ali Thabrani, Lc., M.H.I) dan ES (Fadlan, M.A). Sambutan disampaikan oleh Direktur Pascasarjana IAIN Madura, Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag., dengan mengungkapkan rasa syukur atas diterimanya Program Magister Ekonomi Syariah di tengah masyarakat, serta beberapa rencana perkuliahan dan sistem yang akan menjadi beban dan tanggung jawab bagi masing-masing mahasiswa baru, seperti kewajiban mahasiswa untuk menerbitkan artikel atau karya tulis ilmiah lainnya pada jurnal yang telah terakreditasi, penerapan plagiarism checker system pada masing-masing tugas mahasiswa, studi kawasan dan wawasan dan lain sebagainya.


Materi sistem perkuliahan, disampaikan oleh Ketua Prodi PAI, Dr. Siswanto, M.Pd.I., dimulai dengan visi dan misi IAIN Madura, mengerucut kepada Visi dan Misi Pascasarjana IAIN Madura, sampai Visi dan Misi serta fokus keilmuan pada masing-masing prodi, baik PAI, HKI dan ES. Penerapan sistem perkuliahan dengan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS), 16 kali tatap muka/pertemuan dalam satu semester, termasuk UTS dan UAS. Hak cuti kuliah dan masa studi, serta sistem penilaian di Pascasarjana IAIN Madura. Selain itu, mengingat cepatnya teknologi informasi yang ada, Dr. Siswanto, M.Pd.I. juga menegaskan tentang pentingnya kejujuran akademik, sederhananya adalah beliau menginginkan mahasiswanya ini untuk memiliki ide kreatif dan menuangkannya ke dalam sebuah tulisan, baik itu bersifat ilmiah ataupun tidak, tidak mengakui karya orang lain menjadi atas namanya sendiri atau sekadar terlalu banyak mengkopi sana-sini. Sementara jika sudah terbukti adanya tindak kecurangan, maka ia akan akan dikenakan sanksi berupa tidak lulus dalam mata kuliah, pemberhentian sementara (skorsing), dan/atau pemberhentian tetap sebagai mahasiswa pascasarjana IAIN Madura.


Kemudian materi tentang layanan perpustakaan, Hairul Agus Cahyono, M.Hum., menyampaikan, tata tertib kunjungan ke perpustakaan diantaranya: 1) Pemustaka harus meletakkan tas, jaket, almamater di loker; 2) Laptop, android, HP, dompet, perhiasan, dan barang yang berharga harap dibawa; dan 3) Ketika melakukan transaksi peminjaman, perpanjangan dan pengembalian, pemustaka memberikan kartu anggota ke pengelola perpustakaan. Untuk mengoptimalkan kegiatan ini, narasumber memodifikasi dengan tanya jawab/diskusi agar para peserta dapat melakukan feedback terhadap materi yang disampaikan.



 

Hasil polling sementara

Bagaimana penapat anda tentang web Pascasarjana yang baru?

Sangat Baik
62.7 %
Baik
16.3 %
Cukup
8.4 %
Kurang
12.7 %
Pilih polling sekarang

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits 146819 Hits
Hari Ini 71
Kemarin 1471
Bulan Ini 11588
Tahun Ini 238273
Total 312126